Sabtu, 21 September 2024

Genmuda – Kamu mungkin udah sering dengar orang-orang bilang kalau cewek itu lebih ngandelin perasaan, sedangkan cowok lebih ngedepanin logika. Tapi di samping itu, ternyata cewek juga suka gampang cemas loh kalau dibandingin sama cowok. Apa penyebabnya?

Dalam sebuah tulisannya di The New York Times, Leonard Sax, MD, PhD udah ngungkapin beberapa kemungkinan kenapa cewek cenderung lebih sering ngalamin kecemasan daripada cowok. Beliau pun ngerujuk ke beberapa hasil dari riset yang udah ada sebelumnya, yang mungkin masih belum diketahui banyak orang termasuk kamu.

FYI, beberapa riset udah nunjukin kalau di masa remaja para cewek bakal cenderung ngerasa lebih engga puas sama tubuh mereka, sementara para cowok justru ngerasa lebih puas sama tubuh mereka di masa itu. Di samping itu, faktor lain yang engga kalah penting adalah perbedaan penggunaan media sosial pada cewek dan cowok.

Coba aja kamu bandingin berbagai postingan yang ada di medsos. Kalau diamatin, cewek biasanya bakal ngeposting sesuatu yang nonjolin penampilan mereka. Sebaliknya, para cowok malah engga begitu mentingin penampilan dan lebih cenderung buat ngeposting hal-hal yang udah mereka lakuin atau berhasil mereka capai.

Dengan kata lain, kalau kamu engga nge-like foto Tejo yang lagi selfie sambil ngangkat piala, doi engga bakal ambil pusing. Tapi, kalau kamu engga nge-like foto Surti yang lagi pakai bikini, itu bakal jadi hal yang jauh lebih personal dan akhirnya (kalau kata anak kekinian) berpotensi bikin doi baper.

Lantas, kenapa cowok punya risiko yang lebih rendah dibanding cewek buat terpengaruh sama medsos? Well, selain engga kayak cewek yang terlalu mikirin banget gimana pendapat orang soal selfie mereka, cowok juga punya penilaian yang lebih terkait segimana menariknya hidup mereka. Mereka pun bakal lebih cenderung ngabisin waktu buat main video games ketimbang buat milihin filter keren buat selfie.

Iya sih Sax memang ngasih penggambaran yang klise terkait perbedaan gender. Meski begitu, tekanan hal-hal yang kita harapin dari para cewek engga sama dengan apa yang kita harapin dari para cowok, sehingga berpengaruh pada tingkat kecemasan yang engga sama pula.

Oleh karena itu, penjelasan Sax tersebut bisa jadi alasan lain bagi kita buat terus ngelawan kriteria sosial terkait standar penampilan buat para cewek. Dengan begitu, semua orang bisa lebih dipermudah dan para cewek tentunya bisa lebih nyantai kayak para cowok. Share ke teman-teman kamu ya, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer