Minggu, 6 Oktober 2024

Genmuda – Sebagian besar ponsel jaman sekarang emang udah dirancang buat bisa muat di kantong celana. Meski begitu, bukan berarti kantong celana bakal jadi tempat paling aman buat nyimpan ponsel kamu, Kawan Muda.

Sebuah riset baru udah ngungkapin kalau nyimpan ponsel di area yang berdekatan sama kulit kamu bisa sangat ningkatin kerentanan kamu terhadap radiasi ponsel. Riset tersebut dimulai Dr Devra Davis setelah doi ngelihat adanya tren cewek-cewek yang nyimpan ponsel mereka di dalam bra.

Engga main-main, Dr Davis bahkan udah ngutip sebuah kasus medis di mana seorang cewek ditemuin punya tumor berbentuk ponsel di payudaranya. Beliaun pun turut nyorotin beberapa peringatan mengejutkan pada buku petunjuk iPhone 4 dalam sebuah ceramah di National Institute of Environmental Health Sciences (NIEHS) Australia).

Dapat melebihi pedoman paparan FCC untuk pengoperasian pada tubuh jika diposisikan kurang dari 15 milimeter (5/8) inci dari tubuh, misalnya ketika membawa iPhone ini di saku Anda,” demikian bunyi peringatan pada buku petunjuk iPhone 4 yang dibacain oleh Dr Davis.

Sementara itu, Dr Joseph Mercola lewat situsnya udah negasin kalau potensi bahaya radiasi ponsel emang selalu ada dan engga bisa dicuekin gitu aja. Area tubuh tertentu bahkan bisa lebih rentan terhadap radiasi ponsel, kayak misalnya area pelvis alias panggul.

Terlepas dari area yang terkena radiasi yang terus-menerus dipancarkan oleh ponsel Anda, ada potensi bahaya, meskipun area-area tertentu jelas lebih rentan dari area-area lainnya. Contohnya, riset yang diterbitkan di tahun 2009 menunjukkan bukti bahwa menggunakan ponsel di pinggul Anda dapat melemahkan area pelvis,” tulis Dr Mercola.

Buat para cowok harus lebih waspada juga loh, Kawan Muda. Bukti ilmiah lainnya ternyata udah nunjukin pula kalau radiasi bisa ngerusak DNA dan berpengaruh pada kesuburan cowok. Ada baiknya mulai sekarang kamu engga lagi-lagi nyimpan ponsel kamu di saku depan celana.

Bukan cuma itu, salah pilih casing ponsel pun bisa sama berbahayanya buat kamu, baik cowok maupun cewek. Baru-baru ini, seorang anak berusia 9 tahun bernama Olivia Retter yang berasal dari Hertfordshire, Inggris udah ngalamin luka bakar gara-gara casing iPhone doi ngeluarin zat asam. So, be (more) careful, Kawan Muda!

Casing iPhone yang nyebabin luka bakar pada Olivia Retter (Sumber: Mercury Press)

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer