Sabtu, 5 Oktober 2024

Genmuda – LEGO ikut berpartisipasi di International Creative Industry Conference and Festival (ICFest) 2024, yang digelar di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, pada 26-28 September. Diundang langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), The LEGO Group hadir untuk berbagi insight tentang peran penting Intellectual Property (IP) dalam mengembangkan bisnis kreatif.

Di sesi panel bertajuk “The Role of IP in Creative Business: Models, Schemes and Monetization”, Marketing Director India and Emerging Asia dari The LEGO Group, Rohan Mathur, bilang gimana IP jadi bagian penting dalam membangun brand LEGO. Rohan menegaskan bahwa inovasi dan kemitraan IP dengan berbagai pihak memungkinkan LEGO menjangkau lebih banyak audiens, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, sambil tetap fokus pada pendidikan lewat permainan.

Sandiaga Uno – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Rohan Mathur – Marketing Director, India and Emerging Asia dari The LEGO Group

“Setiap tahun, lebih dari 60% produk kami adalah produk baru, hasil kreativitas dari 250 desainer kami yang berasal dari 40 negara, termasuk Indonesia.” jelasnya.

Sejak tahun 1932, The LEGO Group nggak pernah berhenti mengeksplorasi hal baru untuk menghadirkan pengalaman bermain yang seru dan edukatif. Hal ini terlihat dari berbagai portofolio IP yang terus berkembang, mencakup merek, desain, hingga rahasia dagang yang sudah terdaftar di seluruh dunia. Saat ini, The LEGO Group punya lebih dari 30 tema produk, termasuk kolaborasi dengan berbagai IP populer dan tema original dari LEGO sendiri.

Rohan juga menyoroti bagaimana kolaborasi IP bisa mendukung misi LEGO untuk mengembangkan produk berkualitas dan aman buat anak-anak. “Kami punya tiga komitmen utama: People, Partner, dan Play Promise. People Promise memastikan bahwa IP melindungi inovasi dan karya tim kami. Partner Promise memungkinkan kami menciptakan nilai bersama dengan mitra IP kami, sementara Play Promise adalah semangat kami untuk memberikan pengalaman bermain yang aman dan menyenangkan.”

Selain memperkenalkan strategi pengembangan IP, LEGO juga menegaskan komitmennya terhadap misi “Learning through Play” yang sudah mereka bawa ke lebih dari 120 negara, termasuk Indonesia. Setelah lebih dari satu dekade hadir di Tanah Air, LEGO memperluas jangkauannya dengan membuka toko terbesar di Asia Tenggara di Senayan City, lengkap dengan LEGO minifigure factory pertama di wilayah ini!

Instalasi LEGOⓇ di International Creative Industry Conference and Festival (ICFest) 2024

“IP adalah kunci utama dalam membangun brand kami. Kolaborasi dengan IP lain memungkinkan kami membawa lebih banyak kesempatan belajar lewat permainan kepada anak-anak di seluruh dunia,” tambah Rohan.

Nggak cuma itu, di ICFest 2024, LEGO juga bekerja sama dengan Klub LEGO Indonesia (KLI) untuk menampilkan beberapa instalasi keren yang terdiri dari lebih dari 40.000 keping LEGO! Instalasi tersebut merayakan warisan budaya Indonesia, seperti Candi Borobudur dan mozaik tokoh wayang.

Jadi, buat kamu yang ngaku LEGO fan atau sekadar tertarik dengan dunia bisnis kreatif, pembahasan tentang IP dari LEGO di ICFest 2024 ini pastinya bisa jadi inspirasi banget! (sds)

Comments

comments

Velesya Dea
A charmwoman