Genmuda – Serumit apa sih lika-liku kehidupan seorang perempuan? Bagaimana juga doi maupun orang lain di sekitarnya menyikapi hal itu? Well, jawabannya bisa kamu temuin di film ‘Nay’.
Film ‘Nay’ merupakan karya terbaru Djenar Maesa Ayu yang kembali ngangkat persoalan seputar perempuan dan tubuhnya. Sesuai dengan judulnya, film ketiga Djenar itu pun berfokus pada seorang perempuan bernama Nay, yang diperanin oleh Sha Ine Febriyanti.
Nay, yang usianya udah nginjak pertengahan 30-an, ngalamin pergulatan batin ketika doi tahu kalau doi ternyata lagi hamil. Sayangnya, Ben (Paul Agusta), pacarnya yang ‘anak mami’, seakan engga peduli dan engga tahu harus ngelakuin apa pada calon bayi mereka.
Yang bikin masalah makin rumit, Nay, yang juga seorang aktris, tiba-tiba dikabarin oleh seorang produser kalau doi dapat tawaran akting di sebuah film berskala internasional. Di satu sisi tawaran itu jelas penting buat karir Nay, tapi di sisi lain doi juga engga bisa ngelupain janinnya begitu aja.
Nah, di tengah dilema buat milih karir atau janin, Nay pun kembali teringat pada ibunya dan sejarah kelamnya di masa lalu. Doi teringat gimana doi dulu harus tumbuh tanpa sosok seorang ayah, sehingga doi lantas engga mau kalau anaknya harus ngalamin hal yang sama.
Tapi, ketika Nay berniat buat pertahanin janinnya dan minta Ben buat tanggung jawab, Adjeng (Cinta Ramlan), manajer sekaligus sahabat Nay, justru terkesan lebih mentingin bisnis dan karir Nay. Padahal, doi awalnya sempat bilang kalau doi bakal ngedukung apapun keputusan Nay.
Belum usai sampai di situ, Nay yang mulai mantap buat pertahanin janinnya kemudian juga harus berhadapan sama Mami Ben (Niniek L. Karim). Bukannya ngasih solusi, Mami Ben malah ngehina dan ngomong macem-macem soal Nay sehingga Nay kehilangan kontrol dan kembali goyah.
Omongan Mami Ben pun bikin Nay teringat lagi pada masa kecilnya yang tragis. Yang lebih mirisnya lagi, di saat Nay ngira kalau doi masih punya satu orang lagi yang bisa doi andalin, yaitu seorang laki-laki bernama Pram (Joko Anwar), laki-laki itu justru minta Nay buat berusaha nyelesain masalahnya sendiri.
Alhasil, Nay pada akhirnya harus tetap ngambil keputusan. Doi harus nentuin apakah doi bakal ngegugurin janinnya, supaya janin itu engga harus lahir dan bernasib sama kayak doi, atau tetap pertahanin janinnya dan jadi seorang ibu.
Well, jelas kisah Nay tersebut ngelibatin berbagai sisi kehidupan perempuan, mulai dari keluarga, karir, percintaan, hingga prasangka buruk masyarakat yang ngebatasin perempuan buat ngambil keputusan bagi dirinya. Semua itu pun digambarin Djenar dengan nonjolin sudut pandang perempuan itu sendiri.
Menariknya, Djenar ngevisualisaiin ruang sempit kehidupan para perempuan lewat sebuah mobil, yang secara ukuran juga terbilang kecil. Doi pun dengan berani ngambil risiko buat pakai struktur monolog, sehingga fokus penonton mau engga mau hanya tertuju pada Nay.
Tapi, sebagai penonton awam kamu mungkin bakal ngerasa asing ngelihat film yang cuma nampilin satu pemain, sedangkan pemain lainnya hanya bisa kamu dengar suaranya. Wajar aja sih, mengingat film-film pada umumnya pasti ngelibatin segudang pemain top.
Kamu mungkin juga bakal ngerasa kalau ‘Nay’ jadinya malah kayak drama teater yang diangkat ke layar lebar, apalagi Sha Ine Febriyanti sudah terbiasa di panggung teater. Hal ini pun bisa dimaklumin karena berkaitan dengan struktur monolognya itu sendiri.
Terlepas dari itu, sebenarnya film ‘Nay’ yang berdurasi 80 menit tetap bisa ngaduk-ngaduk emosi kamu. Hanya dengan ngelihat ekspresi Sha Ine Febriyanti aja, kamu bakal bisa ngerasa kayak benar-benar ada di posisi Nay yang dilematis. Kamu yang awalnya engga familiar dengan masalah-masalah perempuan kayak yang dihadapin Nay sedikit banyak juga bakal ngerasa ikut ditampar dan dibukain matanya.
Djenar pun mampu nampilin visual yang cukup manjain mata sekaligus nyempurnain penampilan Sha Ine Febriyanti, meski sebagian besar adegan hanya terjadi di mobil. Contohnya aja adalah — spoiler alert — pas hujan mendadak turun dan ngehasilin biasan cahaya.
Bukan cuma itu, penempatan produk sponsor di film ‘Nay’ juga bisa dibilang masih sesuai porsinya dan engga kelihatan maksa. Dengan demikian, kamu bisa tetap ngikutin perjalanan Nay tanpa harus takut salah fokus gara-gara ngelihat titipan iklan.
So, sesuai dengan tagline “Hidup bukan untuk mencari perhentian, namun untuk melakukan perjalanan”, film ‘Nay’ bakal ngajak kamu buat menyusuri rumitnya lika-liku kehidupan perempuan lewat sebuah perjalanan. Kalau kamu mau tahu seperti apa akhir perjalanan tersebut, langsung aja tonton filmnya di bioskop kesayangan kamu.
(sds)